Taksonomi Bloom Revisi
Sudjana, Nana (2009:22) mengemukakan
"Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia
menerima pengalaman belajarnya". Kingsley, Hordward (Sudjana, Nana,
2009:22) membagi tiga macam hasil belajar, yaitu (1) keterampilan dan
kebiasaan (2) pengetahuan dan pengertian (3) sikap dan cita-cita. Dalam sistem pendidikan nasional rumusan tujuan pendidikan,
baik tujuan kurikuler maupun tujuan instruksional, menggunakan
klasifikasi hasil belajar dari Benyamin Bloom yang secara garis besar
membaginya menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan
ranah psikomotor. Akan tetapi Klasifikasi Bloom yang dikenal dengan
Taksonomi Bloom (1956) mengalami perbaikan oleh Anderson pada Tahun
2001. Ada perbedaan pada Taksonomi Bloom Revisi ini, yaitu pada ranah
kognitif dimensi evaluasi dan sintesis ditukar urutannya kemudian
dimensi sintesis dinamai dengan membuat.
Semoga bermanfaat [^_^]