.

Breaking News

Kamis, 14 Maret 2013

Taksonomi Bloom Revisi

Taksonomi Bloom Revisi 


Sudjana, Nana (2009:22) mengemukakan "Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya". Kingsley, Hordward (Sudjana, Nana, 2009:22) membagi tiga macam hasil belajar, yaitu (1) keterampilan dan kebiasaan (2) pengetahuan dan pengertian (3) sikap dan cita-cita. Dalam sistem pendidikan nasional rumusan tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler maupun tujuan instruksional, menggunakan klasifikasi hasil belajar dari Benyamin Bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Akan tetapi Klasifikasi Bloom yang dikenal dengan Taksonomi Bloom (1956) mengalami perbaikan oleh Anderson pada Tahun 2001. Ada perbedaan pada Taksonomi Bloom Revisi ini, yaitu pada ranah kognitif dimensi evaluasi dan sintesis ditukar urutannya kemudian dimensi sintesis dinamai dengan membuat.




Semoga bermanfaat [^_^]

Read more ...

Rabu, 13 Maret 2013

Bagaimana Belajar Matematika Yang Baik?

BAGAIMANA BELAJAR MATEMATIKA YANG BAIK ?


Apa yang harus dilakukan ???
  1. Rajin Corat-coret
  2. Pahami rumus-rumusnya
  3. Tidak takut melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal
  4. Harus berani mencoba
  5. Selalu ikut lomba.

Rajin corat-coret
Waktu ditanya pelajaran apa yang paling sulit dan bikin pusing, pasti semua kompakan menjawab matematika. Pendapat tentang sulitnya belajar matematika memang bukan hal yang baru. Soalnya, dari zaman dulu sampe sekarang matematika masih dianggap pelajaran sulit yang memusingkan, padahal tidaklah demikian, apalagi siswa Taman Kanak-kanakpun ternyata sudah mampu belajar matematika.

Read more ...

Senin, 11 Maret 2013

Tes Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar

Tes Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar


Ada dua jenis tes yaitu tes uraian atau tes esai dan tes objektif. Tes uraian terdiri dari uraian bebas, uraian terbatas dan uraian berstruktur. Sedangakan tes objektif terdiri dari bentuk pilihan benar-salah, pilihan ganda dengan beberapa variasinya, menjodohkan, dan isian bpendek atau melengkapi.


Read more ...

Minggu, 10 Maret 2013

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar


Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah ia menerima pengalaman pembelajaran. Sejumlah pengalaman yang diperoleh peserta didik mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran karena akan memberikan sebuah informasi kepada guru tentang kemajuan peserta didi dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui proses kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya setelah mendapat informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan peserta didik lebih lanjut baik untuk individu maupun kelompok belajar.

Read more ...

Senin, 04 Maret 2013

Pendekatan Belajar dan Pembelajaran

Pendekatan Belajar dan Pembelajaran 


Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh seorang guru dan peserta didik dalam mencapai suatu tujuan intruksional untuk suatu satuan instruksional. Pendekatan pembelajaran merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran ini sebagai penjelas untuk mempermudah bagi guru memberikan pembelajaran dan juga mempermudah bagi peserta didik untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Pendekatan pembelajaran tidak harus berpatokan pada satu pendekatan tertentu saja, akan tetapi pendekatan disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar yang dituangkan dalam suatu perencanaan pembelajaran. Adapun pendekatan pembelajaran yang sudah umum digunakan oleh para guru antara lain adalah sebagai berikut:


Read more ...

Cara Belajar yang Baik

Cara Belajar yang Baik


Gambaran dari belajar yang baik itu adalah sebagai berikut:
1. Belajar secara efisien yang ditampilkan dengan suatu komitmen yang tinggi untuk dapat mengatur waktu, dapat melaksanakan tugas-tugas belajar, datang ke sekolah tepat waktu dll.
2. Mampu dan selalu membuat catatan pelajaran dan tertib dalam membuat catatan.
3. Mampu membaca dan memahami isi bacaan dari mata pelajaran, mampu membaca cepat, dan mata
pelajaran yang sudah dibaca dapat tersimpan dalam ingatan.
4. Siap belajar dalam artian sebelum dan sesudah mengikuti mata pelajaran, belajar secara bertahap agar tidak jenuh.
5. Memahami perbedaan belajar pada tingkatan sekolah, berusaha untuk dapat belajar mandiri.
Belajar bukan hanya sekedar membaca dan membaca, melainkan harus dapat memahami dari apa yang dibaca tersebut. Dalam kegiatan belajar tidak selalu dapat berjalan dengan mulus meliankan selalu ada berbagai hambatan dan kesulitan. Untuk mengatasi suatu kesulitan belajar haruslah dengan suatu perencanaan yang sistematis. Adapun cara atau teknik untuk mengatasi kesulitan belajar adalah sebagai berikut:
1. Menetapkan target dan tujuan belajar dengan jelas.
2. Menghindari saran dan kritik yang bersifat negatif.
3. Menciptakan situasi belajar yang sehat dan kompetitif.
4. Menyelenggarakan remidial program.
5. Memberi kesempatan agar peserta didik memperoleh pengalaman yang sukses.

Read more ...
Hubungi Kami via SMS/WA: 087864437541 | IG: yoyoapriyanto | by YOYO APRIYANTO